Aktivasi Otak Tengah | Franchise Otak Tengah
aktivasi otak Analisa Bakat Melalui Sidik Jari
Aktivasi Otak Gratis Jadwal Aktivasi Otak
otak tengah midbrain activation indonesia stimulasi otak otak tengah indonesia aktivasi otak tengah mid brain activation indonesia aktivasi otak otak tengah otak tengah mesencephalon activation midbrain activationmesencephalon activation indonesia aktivasi otak mesencephalon activation indonesia midbrain activation midbrain activation
[ MENU ]
 FAQ


[ ARTIKEL ]

  • penyebab kesulitan belajar pada anak

  • riset membuktikan belajar musik meningkatkan kemampuan otak anak

  • ini jawaban mengapa kemampuan belajar tiap orang berbeda

  • usia ideal bagi anak untuk masuk sekolah dasar

  • tips melatih indera bayi

  • baca novel bisa meningkatkan fungsi otak





  • [ STAT ]





     

    Usia Ideal Bagi Anak Untuk Masuk Sekolah Dasar

    Kategori : Umum
     
     
     
    Secara umum anak yang ingin masuk SD disarankan minimal berusia 7 tahun. Namun tak sedikit orang tua yang memaksa anaknya bersekolah sebelum usia tersebut. Sebenarnya berapa usia ideal anak untuk duduk di bangku SD?

    "Pada usia 7 tahun, anak dianggap paling siap secara fisik maupun psikis. Untuk diam di kelas sampai siang, sudah siap," kata Ratih Zulhaqqi, M.Psi, psikolog anak dari klinik tumbuh kembang Kancil, saat dihubungi detikHealth.

    Pada usia tersebut, gerakan motorik anak sudah lebih bagus, otot dan sarafnya juga sudah terbentuk. Untuk memegang pensil misalnya, anak sudah lebih mampu dibandingkan anak umur tiga tahun yang masih suka gemetar jika harus menulis sendiri tanpa bantuan orang dewasa.

    Lalu bagaimana dengan anak di sekolah akselerasi (percepatan)? Materi yang diajarkan di sekolah akselerasi memang tidak sesuai dengan usia anak yang masuk ke sekolah tersebut.

    Psikolog pendidikan dari Universitas Tarumanagara Jakarta, Irene Guntur, M.Psi, mengatakan tak jadi soal bila si anak dicampur dengan murid-murid lain yang sebaya dan mempunyai kemampuan yang rata-rata sama.

    "Sebab, kalau misal dia anak kelas satu dicampur dengan anak kelas empat, dari otaknya memang canggih tapi kemampuan sosial, fisik, dan cara menyapanya ya tetap anak kelas satu. Kalau dicampur begini akibatnya anak jadi dijauhi dan diejek," kata psikolog yang akrab disapa Ige tersebut.

    Yang perlu digarisbawahi adalah orang tua tak boleh memaksakan anaknya harus masuk kelas tertentu seperti akselerasi, mereka harus melihat dulu sejauh mana kemampuan si anak sebelum memutuskan sekolah terbaik dan sesuai dengan kebutuhan si anak.

    Pihak sekolah pun seharusnya tidak hanya melihat calon siswa dari usia tapi kemampuan mereka, utamanya calistung karena ini adalah dasar untuk si anak dalam menerima materi pelajaran yang lebih rumit nantinya.

    Sumber : detikhealth
     
    Artikel Lain :
    nutrisi penting saat menghadapi ujian

    fakta ilmiah kemampuan beraktivitas tanpa mata

    memahami anak dengan mindful parenting

    kapan waktu terbaik untuk otak?

    melukis bisa membantu anak ungkapkan perasaannya

     
    Dibaca : 9098 kali

     

    OTAKTENGAHINDONESIA.COM
    Baping Training Centre
    Jl.Haji Baping No.56, Susukan Ciracas, Jakarta Timur, Indonesia 13750
    HP : 0857-7969-8247, 0818-9510-70, 0812-1234-6758
    Fax. (021) 877-87912, Email : Info@otaktengahindonesia.com