Aktivasi Otak Tengah | Franchise Otak Tengah
aktivasi otak Analisa Bakat Melalui Sidik Jari
Aktivasi Otak Gratis Jadwal Aktivasi Otak
otak tengah midbrain activation indonesia stimulasi otak otak tengah indonesia aktivasi otak tengah mid brain activation indonesia aktivasi otak otak tengah otak tengah mesencephalon activation midbrain activationmesencephalon activation indonesia aktivasi otak mesencephalon activation indonesia midbrain activation midbrain activation
[ MENU ]
 FAQ


[ ARTIKEL ]

  • penyebab kesulitan belajar pada anak

  • riset membuktikan belajar musik meningkatkan kemampuan otak anak

  • ini jawaban mengapa kemampuan belajar tiap orang berbeda

  • usia ideal bagi anak untuk masuk sekolah dasar

  • tips melatih indera bayi

  • baca novel bisa meningkatkan fungsi otak





  • [ STAT ]





     

    Tips Melatih Indera Bayi

    Kategori : Tips
     
     
     
    Seorang anak belum tentu pintar hanya karena kepalanya besar, pintar tidaknya seseorang, terutama harus melihat apakah hubungan antara sel otaknya (neuron) dengan sel otak lainnya itu berkaitan erat. Seseorang semakin pintar, tingkat kemampuan otaknya akan semakin tinggi, sehingga jaringan antar sel otaknya akan semakin luas dan halus.

    Otak yang cerdas dimulai dari pelatihan indera atau organ perasa

    Lantas bagaimanan caranya membuat anak supaya cerdas ? Yakni harus sesegera mungkin membangun hubungan antar sel otaknya. Ketika sejumlah besar informasi di luar ditransfer ke otak, maka untuk menerima informasi itu, otak akan dengan cepat mendorong perluasan sel otak dan membentuk munculnya sel saraf, membangun hubungan antara sel-sel otak.

    Oleh karena itu, banyaknya informasi yang masuk ke otak melalui organ perasa, merupakan sumber dorongan untuk merangsang pembentukan sel saraf, sekaligus sebagai dasar kecerdasan otak. Jadi, otak yang cerdas, harus dimulai dari pelatihan indera. Pelatihan pada indera mata, pendengaran dan indera raba merupakan prasyarat utama pembinaan awal.

    3 unsur pokok pelatihan indera visual

    Informasi yang diperoleh dalam kehidupan seseorang, lebih dari 80% diperoleh dari mata. Sebuah materi penelitian menunjukkan, bahwa waktu bayi usia 3 bulan dalam menyaksikan piring berwarna kurang lebih 2.5 kali lipat dibanding piring abu-abu. Oleh karena itu, rangsangan indera visual yang berwarna sangat penting dalam perkembangan kecerdasan anak.

    1.Rangsangan warna yang cerah dan terang

    Pertama berikan ruang lingkup yang indah dan terang cemerlang, tempelkan beberapa gambar yang indah dengan warna terang di sekeliling tempat mainnya, sehingga dengan demikian si anak dapat melihat dunia yang berwarna-warni setiap saat bangun dari tidurnya, untuk meningkatkan rangsangan pada indera penglihatannya. Anda juga bisa mematikan dan menyalakan lampu, agar manik matanya mengecil dan membesar seiring mati atau nyalanya lampu, sehingga dengan demikian dapat melatih otot matanya.

    2. Menggoda dengan mainan berwarna cerah

    Sang ibu bisa memberikan mainan yang bersuara, seperti anjing yang bisa menyalak, lonceng kecil, drum yang berdendang atau mainan lainnya yang bisa mengeluarkan suara. Warna mainan harus cerah, goda anak Anda dalam jarak pandang 20~40 cm ; Menggoyangkan mainan sambil bergerak ke kiri dan kanan berulang-ulang, supaya kepala sang bocah bisa ikut bergerak mengikuti gerakan mainan, sehingga menghasilkan 'reaksi mengikuti'. Setelah kepala si bocah sudah bisa mengikuti gerakan mainan, lalu perlahan-lahan gerakkan mainan dari jarak dekat ke jauh.

    3. Petak umpet

    Permainan 'petak umpet' merupakan salah satu cara terbaik dalam melatih penglihatan sang bocah, selain itu juga merupakan sarana utama mendorong pemikiran intuitif sang bocah mengarah ke tingkat peralihan otak. Anda bisa menyembunyikan mainan yang disukainya di depan matanya, lalu biarkan dia mencari mainannya, saat memulai Anda perlihatkan sebagian mainannya, kemudian perlahan-lahan sembunyikan. Selain itu, Anda juga bisa menutupi wajah Anda dengan tangan ; di bawah meja makan atau di samping sofa, gerakkan mainan yang bersuara ; atau berdiri di pintu kemudian panggil nama si bocah supaya dia mengejar dan mencarinya.

    Pelatihan indera pendengar

    Saat Janin berusia 5 bulan, pusat saraf pendengaran sudah terbentuk, pertumbuhannya lebih cepat dari indera penglihatan. Saat fungsi indera pendengar mulai berfungsi maka ia perlu memenuhi kebutuhannya dengan naluri organ terkait. Latihan pendengaran, ia berhubungan erat dengan kecerdasan bahasa dan kecerdasan musikal.

    Pelatihan merangkak dan indera raba


    Setelah bayi yang berusia 6 ~ 7 bulan sudah bisa duduk, selanjutnya adalah latihan merangkak.

    Penelitian terbaru menunjukkan : Semakin bagus sang bayi merangkak, maka kelak jalannya akan lebih stabil ; semakin dini merangkak, belajar bicara juga akan menjadi lebih awal dan cepat, kemampuan melihat, membaca atau belajar juga semakin kuat.

    Belajar mendongakkan kepala

    Saat bayi berusia 3 ~ 4 bulan, telentangkan di atas ranjang. Goda ia dengan mainan warna warni yang cerah, perlahan-lahan kemudian gerakkan mainannya menjauh, mendekat atau ke kiri kanan, goda ia mengejar mainan, agar lehernya menengadah ke atas, sehingga tanpa sadar melatih otot lehernya.

    Membalikkan badan dan bergulingan

    Saat berusia 5 ~ 6 bulan, telentangkan ia di atas ranjang, gunakan mainan warna warni yang cerah untuk menarik perhatiannya, tuntun sang bayi dari posisi telentang...posisi samping....posisi tengkurap....kemudian dari posisi tengkurap...posisi samping...posisi telentang...agar posisi sang bayi berubah-ubah.

    Tujuan : Untuk persiapan merangkak

    Bertiarap mengambil sesuatu (mainan bayi)


    Saat bayi berusia 6 ~ 7 bulan, tengkurapkan di atas ranjang, goda bayi Anda dengan mainan warna warni, dan biarkan ia merangkak mengambil mainannya.

    Merangkak pada tangan dan lutut

    Saat bayi berusia 7 ~ 8 bulan, latih perut sang bayi menjauh dari permukaan ranjang, latihan difokuskan pada tangan dan lutut.

    Sumber : erabaru.net
     
    Artikel Lain :
    aktivasi gratis untuk tunanetra

    berbagai aktivitas yang baik untuk otak anak

    main di lumpur bisa bikin anak lebih pintar

    tips berargumentasi dengan anak

    pentingnya bermain untuk anak

     
    Dibaca : 8692 kali

     

    OTAKTENGAHINDONESIA.COM
    Baping Training Centre
    Jl.Haji Baping No.56, Susukan Ciracas, Jakarta Timur, Indonesia 13750
    HP : 0857-7969-8247, 0818-9510-70, 0812-1234-6758
    Fax. (021) 877-87912, Email : Info@otaktengahindonesia.com