Aktivasi Otak Tengah | Franchise Otak Tengah
aktivasi otak Analisa Bakat Melalui Sidik Jari
Aktivasi Otak Gratis Jadwal Aktivasi Otak
otak tengah midbrain activation indonesia stimulasi otak otak tengah indonesia aktivasi otak tengah mid brain activation indonesia aktivasi otak otak tengah otak tengah mesencephalon activation midbrain activationmesencephalon activation indonesia aktivasi otak mesencephalon activation indonesia midbrain activation midbrain activation
[ MENU ]
 FAQ


[ ARTIKEL ]

  • penyebab kesulitan belajar pada anak

  • riset membuktikan belajar musik meningkatkan kemampuan otak anak

  • ini jawaban mengapa kemampuan belajar tiap orang berbeda

  • usia ideal bagi anak untuk masuk sekolah dasar

  • tips melatih indera bayi

  • baca novel bisa meningkatkan fungsi otak





  • [ STAT ]





     

    Tips Agar Anak Menyukai Sayuran

    Kategori : Tips
     
     
     
    semua anak saya menyukai sayuran, baik itu salad, sayuran mentah dicelup ke dipping sauce, sup sayur atau tumisan semua disantap tanpa hambatan.  Berikut tips bagaimana cara membuat anak anak menyukai sayuran yang saya praktekkan ke anak saya sendiri :

    1. Saat bayi diberi ASI.
    Ini adalah faktor pertama dan utama.  Bayi yg diberi ASI sudah terbiasa dengan aneka ragam rasa ASI yg selalu berubah sesuai dengan makanan yg disantap ibunya.
    Bayi ASI secara tidak langsung telah diperkenalkan dengan rasa sayuran saat dini.  Sedangkan bayi yg diberi susu formula tidak mendapatkan keuntungan ini.  Rasa susu formula selalu seragam, itu itu saja setiap hari.  Bayi sufor jadinya belom dibiasakan untuk ber”petualang” dalam segi rasa makanan.

    2.  Makan bersama sekeluarga.
    Saat kami makan, kami selalu makan bersama di meja makan.  Sejak bayi masih orok, walau bayi masih mimik asi, saat makan dia selalu ada bersama kami.  Biasanya kalo dia gak mimik asi, dia akan melihat kami makan, melihat apa yg kami santap, melihat kami dengan lahap menikmati sayuran.   Saat bayi sudah bisa duduk di high chair dia akan duduk dan melihat kami makan.   Dia juga disuapin pada saat yg sama dengan saat kami makan.    Pemandangan kami makan sayuran  ini akan tertancap di alam bawah sadarnya, bahwa sayuran dan makanan lain adalah makanan yg enak untuk dinikmati.

    3.  Makanan yg sama untuk semua anggota keluarga.

    Kami selalu membuat makanan yg sama untuk semua anggota keluarga.  Gak ada satu anak minta ini, anak yg lain minta makanan lain.  Semua sama.  Saat bayi sudah mulai dengan MPASI, dia dapatkan sayuran yg diblender, kami yg dewasapun makan yg sama dengan ditambahkan garam, mentega, cream ataupun sambal untuk menambah rasa  tapi bentuk / penampakannya sama.

    Saya dan suami selalu mengatakan ke anak2 makanan adalah berkat, harus disyukuri dan dinikmati, banyak orang yg kelaparan dan gak bisa menikmati makanan seperti itu, jadi kalo mereka masih dikasi kesempatan untuk menikmati makanan itu, makanlah, nikmatilah, syukurilah.

    4.  Sayuran hasil kebun sendiri.
    Anak-anakku sangat senang diajak berkebun, kemudian panen.  Mereka doyan metik langsung tomat ataupun timun dikebun dan langsung disantap.  Sayuran dari kebun sendiri lebih segar dan rasanya lebih enak dari sayuran yg dibeli.  Ada rasa bangga menikmati hasil karya mereka sehingga mereka jadi doyan makan sayuran2 itu.
    Salad utk anak2

    5. Kreatif dalam pembuatan dan penyajian sayuran
    Sayuran yg disajikan secara kreatif akan membuat anak senang untuk menyantap sayuran itu.  Dalam masakan sayuran diberi campuran sayuran dengan warna menarik.  Dibentuk orang2an atau boneka, bisa juga buat sate sayuran (potongan timun diselang seling dengan potongan apel dan keju yg dipotong kotak).

    Saat membuat salad saya biasanya mencampur dengan apel atau keju yg dipotong kotak, bisa juga ditambahkan nanas.  Adanya campuran buah didalam sayur membuat anak2 lebih bisa menerima sayuran.  Nanti kalo mereka sudah terbiasa dengan sayuran, tanpa buahpun mereka akan memakan sayuran yg disediakan.

    6.  Jangan menyerah untuk mencoba.
    Mungkin pertama kali si anak gak suka sayuran yg kita hidangkan.  Jangan menyerah.  Minta mereka untuk mencoba sedikit saja.  satu dua sendok sudah cukup untuk pertama kali, yang penting mrk mau mencoba.  Lain kesempatan, buat lagi, minta mereka mencoba lagi dan ditambah porsinya.  Lama2 biasanya mereka akan suka.

    7.  Ajaklah anda untuk berkreasi membuat sayuran mereka.
    Ajaklah anak untuk ikut memasak sayuran atau membuat salad.  Anak2 biasanya bangga menikmati hasil masakan mereka. Di rumah kami anak2 terkadang meminta saya membuat salad atau sayuran dengan bahan2 dan  yg terlintas di pikiran mereka.  Kegiatan ini  membuat anak menikmati sayuran hasil resep kreasi dia, juga mengasah anak untuk berkreasi dalam memasak. Photo  di atas menunjukkan  anakku Aimeric (7  thn) dengan salad timun dan tomat hasil resep kreasi dia, sedangkan piring yg berisi tomat saja adalah resep kreasi kakaknya Richard (10 thn)

    8.  Jadilah contoh yang baik.

    Anda gak akan membuat anak2 menyukai sayuran kalo anda sendiri gak suka sayuran.  Contoh yang mereka liat didalam keluarga berbicara lebih banyak dari seribu perintah untuk menyukai sayuran.  Orang tua dan kakak2 yg menyukai sayuran akan membuat anak2 akan meniru dan menyukai sayuran juga

    Sumber : ibujempol.com
     
    Artikel Lain :
    menulis bisa bikin ingatan lebih tajam

    awas! radiasi ponsel bisa buat anak hiperaktif

    baca novel bisa meningkatkan fungsi otak

    tips agar anak gemar membaca

    balita yang sensitif angka bisa lebih jago matematika

     
    Dibaca : 3312 kali

     

    OTAKTENGAHINDONESIA.COM
    Baping Training Centre
    Jl.Haji Baping No.56, Susukan Ciracas, Jakarta Timur, Indonesia 13750
    HP : 0818-9510-70, 0857-7969-8247, 0812-1234-6758
    Fax. (021) 877-87912, Email : Info@otaktengahindonesia.com