Aktivasi Otak Tengah | Franchise Otak Tengah
aktivasi otak Analisa Bakat Melalui Sidik Jari
Aktivasi Otak Gratis Jadwal Aktivasi Otak
otak tengah midbrain activation indonesia stimulasi otak otak tengah indonesia aktivasi otak tengah mid brain activation indonesia aktivasi otak otak tengah otak tengah mesencephalon activation midbrain activationmesencephalon activation indonesia aktivasi otak mesencephalon activation indonesia midbrain activation midbrain activation
[ MENU ]
 FAQ


[ ARTIKEL ]

  • penyebab kesulitan belajar pada anak

  • riset membuktikan belajar musik meningkatkan kemampuan otak anak

  • ini jawaban mengapa kemampuan belajar tiap orang berbeda

  • usia ideal bagi anak untuk masuk sekolah dasar

  • tips melatih indera bayi

  • baca novel bisa meningkatkan fungsi otak





  • [ STAT ]





     

    Mari Perbaiki Pendidikan di Sekolah

    Kategori : Umum
     
     
     
    Kita semua pernah bersekolah, demikian pula anak-anak kita. Di antara anak-anak itu tentu saja ada yang berotak encer dan tak banyak menemui masalah.

    Namun harus diakui,semakin hari sekolah semakin menakutkan bila ujian tiba. Bukan hanya murid yang stres, guru dan orang tua pun gelisah. Bahkan setan hitam pun ikut gelisah. Jumlah siswa yang kerasukan di sekolah-sekolah semakin hari semakin besar sekali di sini dan anehnya selalu terjadi menjelang ujian. Mungkinkah semua persoalan itu terletak pada sistem pendidikan yang disebut Vicki Abeles sebagai sebuah race to nowhere? Ya seperti perlombaan besar yang muaranya "ya, nggak jadi apa-apa juga".

    Hidup kita jadi terbalikbalik. Yang sekolahnya dilalui dengan penuh kesungguhan bisa tak jadi apa-apa,  sedangkan yang sekolahnya main main malah bisa menjadi pejabat, politisi terkenal, atau bahkan pengusaha besar. Sulit kita melawan buku-buku populis yang mengajarkan cara cara jalan pintas, cara gobloknya Bob Sadino berwirausaha atau bahkan keluguan seorang motivator yang menyebutnya dengan judul besar di coverdepan buku karangannya: The Power of Malas. Sungguh, ini sangat sulit! Mengapa sulit? Tentu bukan karena sekolah tidak penting, melainkan ada yang salah.

    Perbaiki Sekolah


    Vicki Abeles gelisah. Sebagai ibu rumah tangga ia tak habis pikir mengapa putrinya yang berusia 12 tahun sakit secara fisik hanya karena sekolah. Selama 3 tahun ia mencari jawabannya dengan mewawancarai anak-anak sekolah dan mahasiswa. Kumpulan wawancara itulah yang dijadikan Vicki sebagai film dokumenter yang diluncurkan tahun lalu. Di Amerika Serikat sendiri film dokumenter itu memicu perpecahan.

    Namun Vicki berhasil mencuri perhatian sehingga para politikus dan pendidik mau memperbaiki persekolahan. Di banyak sekolah,metode pengajaran dibongkar.sekolah sekolah yang terlalu mengedepankan hafalan mulai merombak diri dengan memberikan lebih banyak ruang bagi siswa untuk berpikir.Mata ajar biologi, fisika, dan kimia yang dianggap momok diubah menjadi mata ajar lab yang lebih fun.Anak didik dibuat belajar seperti seorang scientist berpikir, bukan menghafal. Namun di sekolah lain, guru-guru justru merasa sebaliknya: murid masih terlalu sedikit menghafal.

    Di sekolah sekolah itu kegelisahan terjadi karena guru menolak cara lain selain hafalan. Di Indonesia,selain kerasukan setan menjelang ujian,keributan juga terjadi saat seorang siswa SMA 6 Bulungan Jakarta tewas terbunuh.Tawuran antarsekolah, bullying, aksi coratcoret sampai mencontek menjadi masalah sehari-hari. anak-anak yang gelisah tak belajar dengan baik. Anak-anak kita paksa mempersiapkan masa depan lebih dari kemampuan mereka. Orang tua yang berambisi mengirim anak-anak ikut les di sana-sini bahkan memengaruhi guru agar anaknya tidak mengalami kesulitan di sekolah.

    Di Amerika Serikat orang tua murid yang telah "bertobat" dalam membimbing anak-anak dengan cara pabrikasi berbicara lantang."Saya khawatir kelak anak-anak akan memperadilan- kan kita, orang tua, karena telah mengambil masa kanak-kanak mereka". Maka ketika pemerintah di sini berencana mengurangi beban pelajaran siswa sekolah, ada rasa syukur di hati saya.Namun kalau pengurangan semata- mata dilakukan hanya untuk mengurangi jumlah subjeknya saja, bisa jadi kita akan bermuara ke nowhere juga.

    Apalagi kita mengabaikan prinsip-prinsip pembentukan masa depan anak dengan mempertahankan subjek-subjek yang hanya akan disampaikan secara kognitif belaka. Pengalaman saya sebagai pendidik menemukan, anak-anak yang pintar di sekolah belum tentu pintar di masyarakat dan kegagalan terbesar justru terjadi pada anak-anak yang dibesarkan dalam persekolahan menghafal.Padahal, memorizing is not a good thinking. Menghafal bukanlah cara berpikir yang baik.

    Latih Berpikir

    Maka itu,mata ajar yang terlalu bersifat menghafal perlu kita renungkan kembali, guruguru harus dilatih  ulang.Sebab mereka sendiri telah dibentuk oleh sistem pendidikan menghafal yang sangat merisaukan. Guru dan murid harus berubah, dari menghafal menjadi berpikir. Melatih manusia berpikir adalah masalah mendasar yang perlu dipecahkan dalam sistem pendidikan nasional. Berpikir yang baik akan menghasilkan karya-karya besar meski berisiko tersesat. Tapi bukankah hanya orang tersesat saja yang berpikir?

    Hanya orang-orang berpikirlah yang tidak mudah tertipu yang tidak menjadi manusia sempit yang picik, yang tidak memikirkan diri atau kelompok sendiri, dan tentu saja orang yang berpikir akan menjadi manusia kreatif. Jadi, bukan hanya mata ajaran yang harus diperbaiki, teknik mengajar dan isi mata ajaran pun perlu disempurnakan. Jadi saya kira pendidikan memang perlu disempurnakan, diperbaiki,termasuk cara  berpikir guru dan orang tuanya.

    sumber : Rhenald Kasali
     
    Artikel Lain :
    bernyanyi tingkatkan kemampuan seseorang kuasai bahasa asing

    tips jitu bangunkan anak di pagi hari

    video game kekerasan bikin otak susah kendalikan emosi

    perilaku konstruktif tentukan masa depan anak

    demo aktivasi otak tengah dengan kacamata renang yang di cat

     
    Dibaca : 1880 kali

     

    OTAKTENGAHINDONESIA.COM
    Baping Training Centre
    Jl.Haji Baping No.56, Susukan Ciracas, Jakarta Timur, Indonesia 13750
    HP : 0818-9510-70, 0857-7969-8247, 0812-1234-6758
    Fax. (021) 877-87912, Email : Info@otaktengahindonesia.com