Aktivasi Otak Tengah | Franchise Otak Tengah
aktivasi otak Analisa Bakat Melalui Sidik Jari
Aktivasi Otak Gratis Jadwal Aktivasi Otak
otak tengah midbrain activation indonesia stimulasi otak otak tengah indonesia aktivasi otak tengah mid brain activation indonesia aktivasi otak otak tengah otak tengah mesencephalon activation midbrain activationmesencephalon activation indonesia aktivasi otak mesencephalon activation indonesia midbrain activation midbrain activation
[ MENU ]
 FAQ


[ ARTIKEL ]

  • penyebab kesulitan belajar pada anak

  • riset membuktikan belajar musik meningkatkan kemampuan otak anak

  • ini jawaban mengapa kemampuan belajar tiap orang berbeda

  • usia ideal bagi anak untuk masuk sekolah dasar

  • tips melatih indera bayi

  • baca novel bisa meningkatkan fungsi otak





  • [ STAT ]





     

    Belajar Musik Bantu Perkembangan Otak Anak

    Kategori : Umum
     
     
     
    Banyak cara untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak, salah satunya adalah dengan belajar musik sebelum anak berusia 7 tahun.

    Penelitian terbaru yang dimuat dalam Journal of Neuroscience menunjukkan, anak-anak yang belajar musik di usia dini cenderung memiliki area putih di otak atau biasa disebut corpus callosum yang lebih banyak.

    Corpus callosum sebenarnya terbentuk dari serat saraf dan bertugas menyediakan konektor antara area motor di sisi kiri otak dengan sisi kanan.

    "Penelitian di laboratorium menunjukkan berlatih musik sejak dini atau sebelum usia 7 tahun memiliki keterampilan lebih tinggi pada perkembangan sinkronisasi auditori dan visual sensorimotor," kata peneliti dari Kanada.

    Untuk penelitian tersebut, tim ahli menguji 36 pemusik terlatih dan membaginya ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah mereka yang berlatih musik sebelum usia 7 tahun dan kelompok kedua yang berlatih setelah usia 7 tahun.

    Para partisipan juga mengisi kuesinoer yang lebih rinci mengenai berapa tahun mereka berlatih musik dan waktu yang dihabiskan untuk memainkan musik. Para ilmuwan kemudian menguji kemampuan sinkronisasi.

    Pada kelompok pertama ditemukan hasil yang akurat saat melakukan percobaan. Area otak mereka juga mengindikan adanya corpus callosum yang lebih luas.

    "Belajar instrumen musik membutuhkan koordinasi antara tangan dan visual atau kemampuan auditori. Berlatih sejak usia dini akan meningkatkan maturasi dari sambungan antara area otak motor dan sensori," kata Virginia Penhune, yang melakukan penelitian ini.

    Tetapi, jangan berharap anak Anda akan langsung secerdas Einstein jika ia sudah belajar piano sebelum lancar berjalan. Yang harus dipahami adalah pemusik yang belajar lebih dini itu memiliki area otak tertentu lebih banyak dan punya keterampilan spesifik. Tetapi tidak berarti mereka adalah musisi yang lebih baik.

    "Kemampuan bermusik bukan cuma tentang keterampilan tetapi juga komunikasi, entusiasme, gaya, dan faktor lain yang tidak kami ukur. Jadi, meski berlatih sejak dini membantu memmpercepat tetapi tidak berarti mereka jadi lebih jenius," katanya.

    Meski begitu ada banyak manfaat dari berlatih musik pada anak, antara lain mengurangi rasa nyeri, membantu rasa rileks, bahkan membuat tidur nyenyak.
     
    Artikel Lain :
    seni berbicara pada anak

    ini jawaban mengapa kemampuan belajar tiap orang berbeda

    sekolah mulai tinggalkan keberagaman, hanya fokus pada angka

    tips agar anak tidak kecanduan tv

    pelatihan kecerdasan dan aktivasi otak di karawang juni 2012

     
    Dibaca : 1781 kali

     

    OTAKTENGAHINDONESIA.COM
    Baping Training Centre
    Jl.Haji Baping No.56, Susukan Ciracas, Jakarta Timur, Indonesia 13750
    HP : 0818-9510-70, 0857-7969-8247, 0812-1234-6758
    Fax. (021) 877-87912, Email : Info@otaktengahindonesia.com