Aktivasi Otak Tengah | Franchise Otak Tengah
aktivasi otak Analisa Bakat Melalui Sidik Jari
Aktivasi Otak Gratis Jadwal Aktivasi Otak
otak tengah midbrain activation indonesia stimulasi otak otak tengah indonesia aktivasi otak tengah mid brain activation indonesia aktivasi otak otak tengah otak tengah mesencephalon activation midbrain activationmesencephalon activation indonesia aktivasi otak mesencephalon activation indonesia midbrain activation midbrain activation
[ MENU ]
 FAQ


[ ARTIKEL ]

  • penyebab kesulitan belajar pada anak

  • riset membuktikan belajar musik meningkatkan kemampuan otak anak

  • ini jawaban mengapa kemampuan belajar tiap orang berbeda

  • usia ideal bagi anak untuk masuk sekolah dasar

  • tips melatih indera bayi

  • baca novel bisa meningkatkan fungsi otak





  • [ STAT ]





     

    Fakta Tentang Otak Manusia

    Kategori : Umum
     
     
     
    Seberapa besar pemahaman Anda tentang otak? Tentunya semua sepakat bahwa otak adalah pusat koordinasi, kecerdasan dan tempat menyimpan segala bentuk ingatan. Ternyata ada hal lain tentang otak yang bisa bikin tercengang.

    Seperti dikutip dari MSN Health, ada fakta-fakta lain yang mengejutkan dari otak:

    1. Bola mata adalah perpanjangan dari otak
    Seandainya tengkorak manusia dibuka lalu otaknya dikeluarkan dengan hati-hati, bisa dipastikan bola mata akan ikut tertarik keluar dari tempatnya. Ini dikarenakan otak terhubung secara langsung dengan kedua bola mata melalui lobus di belakang bola mata.

    Berbeda dengan keempat indera lain yang terhubung ke otak melalui sistem saraf yang berbelit-belit, indera penglihatan punya jalur khusus ke otak yang langsung memproses bayangan dan cahaya yang ditangkap oleh retina.

    2. Operasi otak bisa dilakukan saat pasien dalam keadaan sadar
    Pada penderita tumor otak dan kejang karena epilepsi, dokter bisa mengoperasi otak pasien sambil mengajaknya berbicara. Cara ini lebih diyakini aman dan akurat dalam memetakan bagian otak mana yang mengalami masalah, dalam kaitannya dengan kontrol penglihatan, kemampuan berbahasa dan gerak tubuh.

    3. Otak tidak bisa merasakan sakit
    Operasi otak bisa dilakukan saat pasien dalam kondisi sadar karena tidak ada satupun penerima rangsang nyeri di otak. Otak tidak memiliki sistem untuk mendeteksi suhu, tekanan dan bahkan kerusakan jaringan.

    Pada penderita tumor atau kista di otak, sebenarnya nyeri terjadi bukan pada otak. Tekanan yang timbul tidak menyakiti otak, tetapi sebenarnya rangsang nyeri terjadi pada jaringan dan pembuluh darah yang berada di sekitar otak.

    4. Otak sangat rakus akan oksigen

    Meskipun komposisi otak hanya 2 persen dari total massa tubuh, bagian ini menghabiskan total 20 persen kebutuhan oksigen. Artinya, seperlima dari suplai oksigen yang masuk saat bernapas akan langsung lari ke otak.

    Hal ini juga yang menyebabkan otak rentan mengalami kerusakan pada kondisi kekurangan oksigen. Jika sama sekali tidak mendapat suplai oksigen dalam waktu 4 menit saja, sel-sel otak akan mulai mengalami kematian.

    5. Otak membuat manusia tidak bisa menggelitik dirinya sendiri

    Manusia gampang sekali geli jika digelitik orang lain, tapi jika menggelitik dirinya sendiri malah tidak geli. Ini karena otak bisa membedakan sentuhan dari tubuh atau orang lain.

    Bagian otak yang bertanggung jawab dalam mengenali sentuhan itu adalah bagian kecil yang dinamakan cerebellum. Ketika saraf mengirim sinyal adanya sentuhan dari bagian tubuh sendiri, cerebellum akan mengirimkan sinyal balasan untuk mengabaikan rangsang tersebut sehingga tidak akan terasa geli.

    6. Otak juga bisa ditipu
    Teknologi Ilusi optik adalah salah satu contoh bagaimana otak sangat mudah untuk ditipu. Ilusi optik telah menjadi permainan yang mengasyikkan dan membantu memahami hal-hal yang sebelumnya tampak ajaib.

    Misalnya gambar titik-titik dengan pola tertentu, jika dilihat dari sudut yang berubah-ubah akan tampak seperti sedang bergerak-gerak. Contoh lainnya adalah deretan garis sejajar yang tampak tidak sejajar dengan adanya pola tertentu yang mengacaukan penafsiran otak terhadap bayangan gambar tersebut.

    Sumber : detik.com
     
    Artikel Lain :
    potret pendidikan tanah air dan finlandia

    depresi kerap di alami anak di masa prasekolah

    riset membuktikan belajar musik meningkatkan kemampuan otak anak

    dahsyatnya intuisi menurut tokoh dunia

    berbagai aktivitas yang baik untuk otak anak

     
    Dibaca : 4939 kali

     

    OTAKTENGAHINDONESIA.COM
    Jl. H.Baping No. 34, Susukan Ciracas, Jakarta Timur, Indonesia
    HP : 0818951070, 087886001973, 08129600000
    Fax. (021) 87780611, Email : Info@otaktengahindonesia.com